ads

Peluang Penghasilan dari Macam-Macam Hobi. Coba Cek yang Mana Hobimu?

on
Kamis, 09 April 2020
Di era digital seperti sekarang ini, apa sih yang nggak bisa jadi peluang penghasilan? Kayaknya hampir nggak ada. Asalkan kita pinter mencari dan menemukan peluang tersebut.

Jadi, menghasilkan uang dari hobi seperti yang diidamkan banyak orang, sekarang sebenernya bukan hal mewah lagi. Siapapun bisa melakukannya. Sekali lagi, asalkan kita jeli mencari dan menemukan peluangnya.

Tapi pasti masih ada aja tuh yang belum ngeh dan masih bertanya-tanya, 'peluang penghasilan untuk hobiku ini apa sih sebenernya?'

Kalian kah salah satunya?

peluang-penghasilan-dari-hobi


Nah, yuk coba cek macam-macam hobi yang menghasilkan di bawah ini!

1. Hobi menulis

Siapa yang jaman SMP hobinya nulis di buku diary, hayooo? *angkat tangan tinggi-tinggi* Haha.

Mungkin itu salah satu tanda bahwa kamu punya hobi menulis. Nggak jadi soal meskipun 'cuma' nulis curhatan. Asal terus diasah, kemampuan menulismu pasti akan terus berkembang kok. Sambil terus mengasah kemampuan menulis, kamu juga bisa lho mendapatkan peluang penghasilan dari hobi menulis ini. Apa tuh?


Salah satunya bisa dengan nulis blog gini. Hehe. Bisa juga nulis buku kalau kemampuanmu sudah semakin mumpuni. Siapa tau kan bukumu bisa jadi best seller seperti karya-karyanya Tere Liye atau Dee, who knows? Harus optimis dong!

Nggak cuam itu sih sebenernya. Bisa juga dengan rajin nulis tentang review macam-macam produk di IG. Asal konsisten, bisa jadi akan banyak brand yang datang menawarkan kerjasama untuk minta dibuatkan review produknya olehmu. Oh, atau bisa juga kamu jadi content writer di media-media online yang buanyak sekali bermunculan sekarang ini.

Ayooo, semangat menulis yaa :)

2. Hobi membaca

Duh duh, ini kok kayak template jawaban jaman SD saat ditanya sama guru 'apa hobimu?' ya! Haha. Pasti jawabnya kebanyakan ya membaca. Urusan beneran hobi baca beneran atau enggak, pikir belakang. Xixixi.

Tapi bagi kamu yang hobi membacanya nggak sekedar basa-basi, bisa juga lho mendapatkan peluang penghasilan dari hobi super bermanfaat itu.

Biasanya, orang yang suka baca itu juga suka dan bisa nulis. Nah, gabungin deh tuh duo maut. Maka kamu bisa menjadi seorang resensor buku handal. Kalau tembus ke media besar, resensi buku itu dapet fee lho. Gurih lah pokoknya!

Kalian juga bisa menjadi seorang editor. Sekarang banyak kok yang membuka peluang untuk menjadi seorang freelancer editor, jika kamu memang belum siap untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama.

3. Hobi menggambar

Ada yang mikir 'ih kayak anak kecil aja hobi menggambar!'. Eits, jangan salah. Di era digital gini, visual itu punya peran sangat penting lho. Maka, skill-skill yang berhubungan sama dunia visual juga punya banyak sekali peluang penghasilan. Dan lagi, hobi menggambar sama sekali enggak cuma untuk anak kecil kok.

Coba kepo-in beberapa nama di IG, seperti: @byputy, @ditut, @pinot, dan masih banyak lagi yang lain.

Mereka adalah orang-orang yang yang punya hobi menggambar, dan akhirnya menemukan peluang penghasilan dari hobinya tersebut.

Peluang itu di antaranya adalah, menjadi seorang ilustrator, membuat kain printing dengan gambar signature karyamu, dll.

4. Hobi memasak

Buibu pasti banyak banget nih yang punya hobi memasak?!

Daripada sekedar dicicip, dimakan, lalu nggak ada jejaknya, ayoo coba didokumentasikan resep-resepnya lewat blog dengan tema memasak atau di akun IG. Kalau kamu hobi tampil, boleh juga dibikin video tutorial memasaknya di channel Youtube. Siapa tau kan bisa jadi kayak Tasyi Farasya, Bunda Diah Didi, atau Mbak Ayu Diah Respatih :)

5. Hobi crafting

Ada yang punya hobi merajut? Atau bebikinan ala-ala DIY?

Bisa banget jadi peluang penghasilan lho itu! Gimana caranya?

Kalian bisa bikin video tutorial DIY-nya, atau bisa juga menjual hasil crafting kalian lewat media sosial. See? Nggak ada yang nggak punya peluang sekarang ini.

6. Hobi fotografi

Ada kan ya orang yang feed IG-nya tuh baguusss banget. Foto-fotonya super niat, dan hampir semua hasil jepretannnya sendiri. Jika kamuu salah satunya, ayo kembangkan hobi fotografimu itu!

'Ah, aku mah fotonya cuma pake kamera HP, gak punya DSLR!'

Iihh, jangan pesimis dulu. Pake kamera HP-pun kalau kamu pinter mengeksplore secara maksimal kemampuanmu, pasti akan tetap berkembang kok.

Banyak lhoo yang tadinya cuma iseng upload foto-foto bagus hasil jepretan kamera HP, terus sekarang nerima banyak job foto produk. Keren nggak tuh!

Kalau nggak percaya, cek aja hastag #uploadkompakan di IG.

7. Hobi menyanyi

Hibi menyanyi dan punya suara bagus sih sayang banget ya kalau cuma dipakai nyanyi di kamar mandi :(

Kenapa enggak bikin cover lagu, lalu diunggah di Channel Youtube-mu?

Bahkan sekarang banyak penyanyi cover yang nggak kalah kaya dibanding penyanyi asline, Hehe.

Dari tujuh macam jenis hobi di atas, adakah salah satunya merupakan hobimu? Jika ada, ayo jangan kasih kendor. Asah terus! Kunci utamanya tetap ketekunan ya. kalau sekear hobi terus nggak diasah, dilakukannya sesekali dan asal-asalan sih jangan berharap terlalu tinggi akan menemukan peluang penghasilan dari hobi tersebut :)

Tapi saran saya, fokus utamanya jangan ke penghasilan. Hobi yang menyenangkan kan yang bikin kita bahagia dan enjoy saat melakukannya. Kalau fokus utamanya adalah gimana caranya mendapatkan peluang penghasilan dari hobi, lalu jadi nggak enjoy melakukannya sih buat apa?

Lakukan saja dengan bahagia, asah dengan sungguh-sungguh, Insya Allah jalan rejeki akan terbuka :)

Selamat menemukan hobi dan peluang penghasilanmu yaaa!


1 komentar on "Peluang Penghasilan dari Macam-Macam Hobi. Coba Cek yang Mana Hobimu?"
  1. wahh saya lebih suka menulis mbak, makanya saya membangun blog saya sendiri :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature