ads

5 Ide Bermain dan Belajar Untuk Anak Balita

on
Sabtu, 25 Juli 2020
Pandemi Covid-19 ini memang membuat kita merasakan banyak sekali pengalaman baru. New normal life benar-benar kita rasakan. Dari yang sama sekali nggak terbiasa pakai masker, tiba-tiba menjadikan masker sebagai perlengkapan utama yang harus dibawa ke mana-mana. Dari yang tadinya cuci tangan pakai sabun hany asaat sebelum dan setelah makan, tiba-tiba jadi dikit-dikit cuci tangan.

Apalagi bagi anak sekolah dan guru. Mereka harus mulai terbiasa dengan sistem pembelajaran baru melalui daring. Bukan hal yang mudah lho bagi yang belum terbiasa duduk diam konsentrasi di depan layar tanpa berinteraksi langsung.

Bagi anak usia SMP dan SMA sih mending ya, mereka sudah bisa mandiri. Mengurusi segala aktivitas belajar mereka secara daring sendiri. Yang agak repot ya anak sekolah usia TK dan SD. Nggak cuma anak dan gurunya yang sibuk belajar via daring, ibunya pun ikutan kebagian ngerjain tugas. Hihi.

Apalagi kalau anaknya usia balita seperti anak saya. Awalnya, saya berencana memasukkan anak saya ke PAUD tahun ini. Apa daya, karna kondisi belum stabil, saya memilih untuk menundanya terlebih dahulu. Semoga tahun depan semuanya sudah jauh lebih baik.

Kondisi ini membuat kita orangtua dari para balita tiba-tiba harus menjadi guru kreatif. Beruntung, sekarang kita dibantu oleh dunia maya yang menyimpang jutaan ide. Termasuk, ide bermain dan belajar untuk anak balita pun bisa dengan mudah kita cari.

Ini adalah 5 di antara sekian banyak ide bermain dan belajar untuk anak balita:

1. Menempel

Perlengkapan:
Gunting
Kertas F4 atau A4
Stiker Dot
Spidol
Pensil Warna

Cara Membuat:
Gunting kertas menyerupai bentuk ubur-ubur (contoh seperti di gambar), lalu buat lingkaran-lingkaran aneka warna (sesuai warna yang ada di stiker dot) di masing-masing kaki ubur-ubur. Setelah itu, ajak anak untuk menempel stiker dot sesuai dengan warna yang tadi kita buat.

ide ini saya dapat dari IG @idedolanan


Selain belajar menempel yang otomatis akan mengasah motorik halus anak, anak juga bisa sekaligus belajar mengenal warna melalui aktivitas ini. Ohya, FYI, saya beli stiker dot-nya melalui marketplace ya.

2. Menggunting

Aktivitas menggunting ini sebenarnya bisa dilakukan dengan memberikan anak kertas apa saja untuk digunting. Cuma pasti akan kurang menarik perhatian si kecil ya. Lagi-lagi, kita harus menjadi guru kreatif.

Agar lebih menarik, kita bisa membuat pola hewan, buah atau apapun yang disukai si kecil, lalu beri pola garis putus-putus pada kertas yang sudah dibentuk, sebagai pola menggunting si anak.

credit: IG @idedolanan

Selain akan lebih menarik, aktivitas menggunting ini akan membuat si anak belajar fokus untuk mengikuti pola.

3. Sortir Hewan Berdasarkan Habitatnya

Yang perlu dipersiapkan untuk aktivitas ini adalah kita harus membuat worksheetnya terlebih dahulu. Bisa menggunakan kertas asturo, lalu digambar sederhana yang menyerupai laut, darat dan udara.

Setelah itu, cari printable macam-acam jenis hewan di internet, cetak, lalu gunting-gunting.

credit: IG @ayo_bermain-belajar

Kalau semua sudah siap, minta anak meletakkan printable masing-masing hewan di worksheet sesuai habitatnya. Misal, burung, berarti arahkan anak meletakkannya di udara. Lalu ikan, arahkan anak untuk meletakkannya di lautan, dan seterusnya.

4. Mencocokkan Gambar

Untuk permainan yang ini, saya memilih untuk menggunakan alat yang sudah kami punya, alias bel jadi, hehe.

Bukunya macam gini:


Jadi anak akan mencocokkan gambar yang sama antara sisi kiri dan sisi kanan. Buka satu persatu kotak penutup di sisi kiri, lalu letakkan di gambar yang sama di sisi kanan dengan yang baru saja terbuka. Lakukan sampai selesai.

Aktivitas ini akan membuat anak belajar fokus dan teliti.

Kalau nggak punya buku di atas, bisa lho bikin sendiri. Saya pernah lihat di instagram. Di dunia maya apa sih yang nggak bisa dicari, termasuk ide-ide DIY ajaib gitu, hihi.

5. Sorting Warna

Permainan super sederhana ini masih selalu berhasil membuat anak saya semangat. Alatnya hanya pompom dan penjepit.

credit: IG @happykiddos.id

Arahkan anak untuk menyortir pompom sesuai dengan warna masing-masing.

Gimana, semua ide bermain dan belajarnya sangat sederhana kan? Tapi dengan yang sederhana seperti itu saja kita bisa membuat anak senang, sekaligus belajar banyak hal lho.

Semangat yaaaa ibu guru-ibu guru kreatif! :)
2 komentar on "5 Ide Bermain dan Belajar Untuk Anak Balita"
  1. Kreatif nih, nanti kalau Queen sudah 3 tahun saya coba ajarkan metode seperti ini juga

    BalasHapus
  2. Tahun ini anakku masih aku biarkan di PAUD, Mbak, ntar biar TKnya satu tahun saja. Itupun dengan adanya beberapa hal yang kami pertimbangkan.

    Nah, untuk PAUD anakku ini nggak ada kegiatan apapun via daring. Karena sekolahnya nekad memasukkan murid seminggu 3 kali. Anakku aja yang memang sengaja nggak aku masukkin. Lha, dalam keadaan gini. Apalagi aku nggak bisa stay jaga dia di sekolah. Mending di rumah dulu saja sampai pandemi benar-benar berlalu. Main di rumah dulu. Sekolahnya nanti.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature