Cara Mengamankan FB Agar Tidak Bisa Dibajak

on
Selasa, 01 Desember 2020

Dengan berbagai fiturnya, Facebook menjadi salah satu pilihan banyak orang dalam bermedia sosial. 

 

Namun, hal tersebut membuat Facebook menjadi rawan dibajak oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengamankan FB agar tidak bisa dibajak.


Pasalnya, jika akun Facebook Anda dibajak, maka akan banyak sekali informasi tentang Anda yang bisa diambil. Bukankah hal tersebut akan merugikan Anda?


8 Cara Mengamankan FB agar Tidak Bisa Dibajak


Menjadi kerugian yang sangat besar tentunya jika akun FB Anda berhasil dibajak. Selain mendapatkan informasi pribadi Anda, akun tersebut juga dapat disalahgunakan untuk tindakan kriminal. Berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk menyelamatkan akun FB dari hacker.

 

 


1. Mengaktifkan Login Alerts


Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan akun agar tidak bisa dibajak yaitu mengaktifkan fitur login alerts. Salah satu fitur keamanan ini akan memberikan notifikasi rincian login Anda atau seseorang yang ingin mencoba masuk ke akun Anda.


Untuk cara mengaktifkannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:


●    Buka aplikasi Facebook lalu pilih menu Settings.
●    Setelah itu buka menu Security.
●    Aktifkan opsi Login Alerts.


Nantinya setiap Anda atau orang lain melakukan login dari perangkat atau web browser yang berbeda, maka Anda akan mendapatkan notifikasi dari Facebook.

 
Jika Anda memilih mengirim notifikasi tersebut melalui email, maka laporan login tersebut akan masuk ke alamat email yang telah Anda daftarkan setiap ada perangkat lain yang melakukan login.


2. Mengaktifkan Login Approvals


Cara selanjutnya untuk mengamankan FB supaya tidak dengan mudah dibajak yaitu dengan menggunakan fitur login approvals. Seperti halnya pada cara sebelumnya, fitur ini akan memberikan notifikasi untuk meminta persetujuan Anda jika terdapat perangkat yang ingin login.


Bedanya dengan cara sebelumnya, fitur login approvals akan meminta kode keamanan melalui SMS. Nantinya kode tersebut harus Anda masukkan ketika ingin melakukan login melalui perangkat lain.


Untuk mengaktifkannya cukup mudah, berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur login approvals:


●    Buka halaman utama Facebook.
●    Setelah itu pilih menu Security.
●    Aktifkan fitur Login Approvals dengan klik tombol Get Started.
●    Setelah itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya hingga fitur Login Approvals berhasil aktif.


3. Membuat Kata Sandi Facebook yang Berkualitas


Kata sandi Facebook sebaiknya dibuat berkualitas agar tidak mudah untuk dibajak oleh orang lain. Kriteria kata sandi Facebook yang berkualitas ini ada banyak dan subjektif.


Kata sandi yang panjang sebenarnya sudah bisa dibilang aman. Tetapi masih kurang berkualitas kalau panjangnya password Facebook mengandung nama, huruf atau angka berurutan dan tanggal lahir. Kata sandi yang pendek bisa saja sudah aman asalkan mengandung perpaduan huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter yang diacak.


Namun sayangnya, membuat kata sandi yang rumit, bisa menyebabkan lupa kata sandi Facebook. Sehingga kata sandi perlu dibuat yang mudah diingat, supaya tidak lupa password Facebook.


Sebenarnya, cara mengatasi lupa kata sandi Facebook ada banyak dan sudah dibahas oleh Kang Sandi, tetapi tidak semuanya mudah. Oleh karena itu, membuat password yang panjang, rumit tetapi mudah diingat dapat menjadi cara mengamankan Facebook dari Hacker.


4. Menambahkan Trusted Contacts untuk Mengembalikan Akun


Cara mengamankan FB agar tidak bisa dibajak lainnya yaitu mengaktifkan fitur Trusted Contacts. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk memilih 5 teman terpercaya yang telah menjadi teman Anda di Facebook. 


Disarankan untuk memilih teman yang mudah dihubungi agar jika terdapat masalah di akun Facebook Anda, teman-teman tersebut dapat membantunya dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur Trusted Contacts di Facebook:


●    Login ke akun Facebook Anda.
●    Setelah masuk ke halaman utama, pilih menu Settings.
●    Langkah selanjutnya pilih menu Security.
●    Pada halaman Security, Anda bisa mengaktifkan opsi Trusted Contacts.
●    Klik tombol “Choose Trusted Contacts”, lalu pilih 5 terdekat Anda.


5. Menambahkan Legacy Contact untuk Menghapus Akun Otomatis


Legacy Contact adalah sebuah fitur dari Facebook yang memungkinkan Anda untuk memilih teman terdekat di Facebook, untuk menjaga akun jika Anda sudah meninggal. 


Dengan adanya fitur ini, kontak pewaris tersebut dapat menuliskan beberapa pesan untuk profil Anda, contohnya mungkin seperti pesan terakhir. 


Walaupun begitu, kontak pewaris tersebut tidak dapat masuk ke akun Anda, menghapus atau mengubah foto profil, atau membaca pesan yang dikirim oleh pengguna lain. Cara mengaktifkannya cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:


●    Pilih menu Settings.
●    Setelah itu masuk ke menu Security.
●    Pilih opsi Legacy Contact.
●    Pada opsi tersebut Anda bisa memilih teman atau keluarga terdekat yang dapat diwariskan akun Facebook Anda.


6. Hati Hati Menerima Undangan Game


Ketika Anda mengakses aplikasi pihak ketiga atau game yang terdapat di Facebook, jika Anda menerima undangan dari mereka, secara otomatis mereka dapat mengakses semua data pribadi di akun Facebook Anda.


Maka dari itu, Anda sebaiknya menggunakan fitur Block Invitations agar keamanan akun Anda dapat terlindungi. 


Cara mengaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu pergi ke menu Settings lalu pilih opsi Blocking. Pilih menu “Block app Invites” dan tuliskan aplikasi atau game apa saja yang ingin Anda block undangannya.


7. Mengaktifkan Autentikasi Dua-faktor


Menggunakan fitur autentikasi dua-faktor di akun Facebook tentunya akan menyulitkan hacker untuk berhasil masuk ke akun Anda. Fitur ini merupakan salah satu perangkat keamanan yang direkomendasikan pada halaman bantuan Facebook.


Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:


●    Masuk ke akun Facebook Anda, lalu pilih menu Pengaturan.
●    Pada halaman Pengaturan, pilih opsi Keamanan dan Info Masuk.
●    Pilih opsi “Gunakan autentikasi dua-faktor”.
●    Perlu Anda perhatikan, sebelum mengaktifkan fitur autentikasi dua-faktor ini Anda harus memastikan jika nomor HP yang Anda registrasikan di akun Facebook adalah nomor yang masih aktif.
●    Langkah selanjutnya pilih opsi Penyiapan.
●    Nantinya pihak Facebook akan mengirimkan kode autentifikasi ke nomor HP Anda.
●    Setelah fitur autentikasi dua-faktor sudah aktif, maka setiap melakukan log in Anda akan mendapatkan pesan SMS berisi kode autentifikasi dari Facebook.


8. Mengganti Password Secara Rutin dan Membuat Kombinasi Password


Cara mengamankan FB agar tidak bisa dibajak yang terakhir yaitu mengganti password secara rutin. Tentunya dengan mengganti password secara rutin, hacker akan kesulitan masuk ke akun Anda akan password akan terus berubah-ubah.


Selain itu, gunakan kombinasi password yang unik dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Anda bisa menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol agar tingkat kekuatan password menjadi lebih tinggi.


Dengan mengetahui cara mengamankan FB agar tidak bisa dibajak, tentunya keamanan akun Anda menjadi lebih tinggi. Walaupun tampak sederhana, cara-cara di atas dapat efektif untuk menyulitkan hacker dapat membajak akun Facebook Anda.

6 komentar on "Cara Mengamankan FB Agar Tidak Bisa Dibajak"
  1. Untuk keamanan Facebook aku percaya autentikasi 2 faktor. Jadi tiap mau login dari device baru mau gak mau harus masukin kode OTP. Ya, meski rada ribet tapi semua demi keamanan. Karena Facebook meski udah rada jarang dibuka tapi masih penting banget buat aktivitas blogging dkk

    BalasHapus
  2. Bener banget nih, keamanan median sosial skrg harus lebih ketat yaaa. Wah yg legacy ini menarik jg, nggak kepikiran ke sana sih. Thanks ya infonya

    BalasHapus
  3. Wah, terima kasih banyak infonya ya bermanfaat banget karena di FB banyak teman lama nih...

    BalasHapus
  4. FB rawan dibajak ya jadi harus berlapis pengamanannya jangan sampai dihack..

    BalasHapus
  5. Kalau no hp ter cantum apa bisa di bajak org

    BalasHapus
  6. Terima Kaih infonya.. temen ada yang kena bajak, jadi harus lebih hati2 nih

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature