Yoga Untuk Pemula dan Manfaat yang Saya Rasakan

on
Selasa, 22 November 2022

 Dulu kalau dengar kata 'yoga', yang terlintas di kepala saya itu antara duduk diam anteng (padahal ini namanya meditasi, ya... wkwkwk) dan olahraga yang badannya ditekuk sana sini meliuk-liuk. Melihat pose meliuk-liuk para pe-yoga profesional itu, sudah pasti saya yang benar-benar awam ini, langsung merasa sudah pasti gak bisa, dan tidak melirik yoga sedikit pun sebagai olahraga yang ingin saya coba.

 

yoga-untuk-pemula
Yoga yang ada dalam bayangan saya sebelumnya


Waktu itu saya gak langsung praktekkan video yoga-nya, tapi saya kulik-kulik dulu tentang video itu. Ternyata video itu diposting oleh seorang instruktur Yoga bernama Naomi, dengan chanel Youtube bernama My Fit Daily Dose. Selain itu, ternyata di chanelnya Kak Naomi tersebut ada playlist berjudul "Yoga Promil".

 

yoga-untuk-pemula

 

Saya makin semangat untuk mencoba mengikuti tutorial Yoga di channel Kak Naomi. Setelah mencoba langsung, segala pikiran saya tentang yoga seperti yang saya ceritakan di awal tulisan ini, langsung terpatahkan. Ternyata yoga untuk pemula seperti saya, sangat mudah dilakukan.

 

Yang bikin saya semakin semangat untuk merutinkan olahraga yoga ini, karena tubuh saya merasakan langsung manfaatnya. Beneran rasanya seperti instan langsung bisa saya rasakan.

 

Apa aja sih manfaat yoga yang saya rasakan?

 

1. Menghilangkan Pegal-Pegal di Punggung

 Saya tuh jompo banget, meski usia baru awal kepala 3. Paling sering, tiap capek dikit, pasti punggung saya sakit. Kalau sedang sakit punggung, saya sampai susah ngapa-ngapain termasuk melakukan gerakan rukuk saat sholat. Dulu saya biasanya langsung pijat kalau punggung sakit.


Sejak mulai rutin melakukan yoga, pegal-pegal di punggung jarang sekali saya rasakan. Bahkan saya jadi jarang sekali pijat, padahal dulu sebulan sekali pasti saya merasa harus pijat.


2. Tidur Jadi Lebih Berkualitas

Salah satu tanda tidur kita berkualitas adalah ketika bangun di pagi hari, tubuh kita terasa jauh lebih segar. Nah, saya sempat lama sekali gak merasakan hal ini. Durasi tidur saya hampir selalu cukup, tapi kok saat bangun di pagi hari, bukannya terasa fresh, eh malah rasanya jadi capek semua.

 

Gak jarang, saat bangun di pagi hari, kepala saya malah pusing sekali. Atau sering masih merasa ngantuk, padahal tidur dari jam 9 malam, dan bangun jam 5 pagi.

 

Semenjak saya belajar dan mempraktekkan yoga untuk pemula, Alhamdulillah tidur saya terasa jauh lebih berkualitas. Rasanya lebih nyenyak, dan saat bangun pagi, badan dan pikiran terasa fresh.


3. Memperbaiki Mood

Saat saya memulai program hamil dan melakukan beberapa pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan, saya didiagnosa ada kecenderungan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). PCOS ini punya banyak sekali komplikasi ke kondisi tubuh maupun mental. Salah satunya, wanita dengan PCOS cenderung lebih mood swing dan sering bad mood.

 

Sejak rutin yoga, Alhamdulillah mood saya jadi jauh lebih stabil. Meski ini juga dibarengi dengan minum vitamin D dan berjemur. Karena vitamin D ternyata punya pengaruh besar terhadap kestabilan mood.

 

4. Melancarkan Menstruasi

Salah satu ciri khas wanita dengan PCOS adalah menstruasi yang tidak teratur, meski ini gak selalu terjadi di semua wanita PCOS. Saya juga sebenarnya termasuk teratur menstruasinya. Hanya saja, saat sedang promil itu menstruasi saya sempat berantakan. Durasinya memanjang, tapi cuma flek-flek gitu.

 

Lalu pernah juga di satu periode menstruasi, darah mens-nya sudah berhenti padahal baru 3 hari. Saya panik, karena berpikiran ini salah satu tanda kesuburan saya tidak baik. Sedih banget, karena saya pengen banget bisa segera hamil anak kedua.

 

Tapi lalu saya ingat di playlist yoga promil channel My Fit Daily Dose, ada video yang berjudul Yoga Untuk Melancarkan Menstruasi dan Yoga Untuk Menyeimbangkan Hormon. Langsung saya praktekkan video yoga tersebut.

 

Alhamdulillah, setelah yoga, darah mens yang awalnya sudah tidak keluar, langsung keluar lagi dengan cukup lancar. 


5. Bonus Garis Dua

Alhamdulillah, setelah dua bulan rutin mempraktekkan video-video yoga di playlist yoga promilnya Kak Naomi, akhirnya saya dapat garis dua alias positif hamil.

 

Meski tentu saja ada banyak ikhtiar lain yang saya lakukan, dan yang utama adalah karena Allah meridhoi doa dan ikhtiar saya tersebut.

 

Cerita lengkap tentang perjalanan promil anak kedua saya bisa dibaca di blog saya yang satunya.


Setelah merasakan langsung manfaat yoga ke tubuh saya, saya jadi menjadikan yoga sebagai olahraga favorit. termasuk saat hamil, saya mengatasi berbagai ketidaknyamanan yang tubuh saya rasakan karena efek kehamilan dengan yoga.

 

Menurut saya, yoga ini cocok sekali dicoba oleh orang-orang yang ingin mulai olahraga, tapi mageran seperti saya. Hehehe. Atau orang yang ingin olahraga dengan tempo yang slow dan gak terlalu bikin capek atau ngos-ngosan.

 

Cobain yuk, pasti ketagihan deh!

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature