5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan

on
Rabu, 16 Mei 2018
credit: Pixabay.com

Wow besok sudah Ramadhan ya! Masya Allah. Hawa-hawa Ramadhannya sudah terasa sekali. Iya gak sih? Semoga kita diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu ramadhan. Aamiin.

Setiap menjelang Ramadhan, pasti ada kebahagiaan dan semangat tersendiri yang gak pernah kita rasakan di bulan-bulan lainnya kan? Salah satunya adalah semangat untuk ibadah pol-polan selama bulan Ramadhan. Meskipun saat Ramadhan berakhir, pasti adaaa aja rasa nyesel. Merasa belum maksimal beribadah, dll.

Tapi meski perasaan menyesal -- merasa belum maksimal -- itu terus terulang hampir setiap tahun, gak berarti kita jadi hopeless dan merasa ga perlu lagi mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan dong. Harus tetap semangat. Namanya juga ikhtiar. Dipersiapkan saja masih gak maksimal, apalagi gak dipersiapkan. Ya kan?

Nah, ini nih 5 hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan versi saya. Kalo ada yang mau nambahin, feel free untuk sharing di kolom komentar yaaa.

1. Kondisi badan yang fit

Ini kunci banget sih. Meski sebagai muslim kita pasti percaya bahwa puasa itu menyehatkan, tetap saja perubahan ritme makan dan tidur yang berubah kadang bikin tubuh limbung. Maka, memastikan kondisi bada fit merupakan hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan, kalo pengen bisa maksimal ibadah.

Caranya? Bisa dengan makan bergizi, minum multi-vitamin, madu, dll. Atau ada juga salah satu teman saya yang sejak H-sebulan Ramadhan men-training dirinya untuk bangun jam 3 dini hari. Biar gak kaget kalo pas Ramadhan harus menyiapkan sahur untuk keluarga.

2. Alat Ibadah

Hayooo siapa yang mukenanya belum dicuci sejak sebulan lalu? Hahaha.

Nah, untuk menyambut Ramadhan, pas banget ya sepertinya untuk bebersih alat ibadah. Mencuci mukena, sajadah, sarung, dll. Jadi nanti pas dipake tarawih ke masjid udah pada bersih dan wangiii 😇

3. Dana

Lho, kok dana? Yaiya dong. Menyiapkan dana itu salah satu persiapan penting menurut saya.

Lihat aja harga-harga kebutuhan pokok banyak yang naik pas Ramadhan. Belum lagi jajaran pedagang kaki lima yang menjajakan takjil aneka rupa, yang pasti bikin iler menetes-netes. Gimana coba kalo gak ada dana? 😂

Enggak deng, bercanda 😅

Menyiapkan dana itu penting, karna betapa bahagia jika di bulan Ramadhan kita bisa berbagi jauh lebih banyak dari bulan-bulan lainnya. Iya gak iya dong?

4. Daftar menu berbuka dan sahur

Katanya, salah satu momen krusial kalo mau masak itu menentukan mau masak apa. Kadang kalo gak kunjung nemu ide, jadi hilang mood terus gak jadi masak deh.

Untuk meminimalisir hal itu, sepertinya menyiapkan daftar menu untuk buka puasa dan sahur menjadi hal yang penting ya. Biar gak bingung tiap hari. Tinggal eksekusi aja.

5. Froozen Food

Daftar menu sahur udah siap, kalo bangunnya kesiangan mau apa? Hahaha.

Maka, froozen food adalah sang penyelamat yang harus dipersiapkan keberadaannya saat menyambut Ramadhan. Mau froozen food yang instan pabrikan atau yang homemade, tentu kembali ke pilihan masing-masing.

Dari 5 hal di atas, point mana yang belum kalian persiapkan untuk menyambut Ramadhan?

Anyway, Selamat menyambut bulan suci Ramadhan untuk teman-teman semua. Mohon dimaafkan segala khilaf saya 😊

Marhaban Yaa Syarurramadhan... Marhaban Yaa Syahrusy siyam...
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature