ads

Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Wabah Corona

on
Kamis, 19 Maret 2020
Yang work from home mana suaranyaaa?

Yang tetep ngantor mana suaranyaaaa? *brb ngacung pertama kali*

Yap. Saya adalah satu di antara sebagian orang yang masih tetap beraktivitas seperti biasa di tengah-tengah wabah corona yang meresahkan ini. Mau gimana lagi, namanya juga kerja sama orang kan. Ya mau gak mau harus ikut kebijakan tempat kerja.
Maka, bagi yang punya pilihan dan bisa memilih untuk kerja dari rumah, please manfaatkan pilihan itu dengan baik dengan benar-benar bertahan di dalam rumah demi memutus rantai penyebaran virus corona ini. Karna ada kami, orang-orang yang ingin sekali bekerja dari rumah dalam kondisi seperti ini, tapi nggak punya pilihan untuk melakukan itu :')





Bagi yang senasib sama saya -- harus tetap beraktivitas di luar rumah di tengah wabah virus corona ini -- yuk kita pelukan :')

Jangan berputus asa dari rahmat Allah. Kita harus tetap ikhtiar untuk menjaga kesehatan kita, dua kali lebih keras.



Apa aja sih tips sehat di tengah wabah virus corona seperti ini, sementara kita harus tetap beraktivitas di luar rumah?

1. Hindari Kontak Fisik dengan Orang Lain

Meski ngantor, usahakan banget minimalkan atau kalau bisa hindari dulu kontak fisik dengan orang lain. Contohnya salaman atau cipika-cipiki. Kita nggak tau siapa yang membawa virus. Bisa jadi salah satu dari mereka, tapi bisa juga diri kita. Mencegah selalu lebih baik, kan? :)

2. Minimalkan Aktivitas

Perjalanan dinas, atau tugas-tugas yang mengharuskan keluar dari ruangan kantor, sebisa mungkin ditunda dulu. Udah duduk anteng ngerjain yang bisa dikerjain hanya di ruangan kantor dulu aja.

Yah meskipun untuk point ini tetep aja nggak semua orang bisa melakukan ya. Ada yang kerjaannya memang harus tetep mobile. Artinya perlindungan diri kita harus berkali-kali lipat lebih kuat.

3. Rajin Mencuci Tangan

Sebenernya kebiasaan rajin mencuci tangan adalah kebiasaan basci yang seharusnya selalu dilakukan tanpa nunggu ada wabaha corona gini dulu. Cuma ya, kita manusia ini -- terutama saya -- seringnya nunggu 'disentil' dulu, baru mau disiplin.

Tiap habis pegang apapun, mau makan, dll, please jangan lupa cuci tangan.

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Ini juga wajib banget! Salah satu hal paling signifikan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat, di antaranya melalui makanan. Dan salah dua makanan yang bisa melakukan fungsi itu dengan baik ya apalagi kalau bukan sayur dan buah.

Coba deh tonton vlognya Anang-Ashanty. Mereka bikin vlog yang mendatangkan ahli yang sangat paham tentang virus dan penanganannya. Menurut beliau, virus apapun bisa dilawan jika antibodi kita bagus. Sedangkan antibodi yang bagus bisa didapatkan salah satunya melalui sayur dan buah.

5. Minum Vitamin Tambahan Jika diperlukan

Masih menurut narasumber dalam Vlog Anang dan Ashanty, mengkonsumsi vitamin C dan E bisa membuat imunitas tubuh dari virus menjadi semakin baik.

Tapi tetep harus sesuai anjuran dan dosis yang tepat ya. Jangan asal.

6. Segera Mandi dan Ganti Baju Sesampainya di Rumah

Jujur aja sebelumnya saya tipe yang kalau pulang kantor, leyeh-leyeh dulu sampai rumah. Hihi.

Sekarang? Wuuzzz, langsung ke kamar mandi, dan baju yang saya pakaipun langsung dicuci saat itu juga. Nggak ada acara nimbun baju kotor untuk dicuci besok-besok. Karena kita kan habis di luar rumah, yang mana kita nggak tau ada kotoran apa aja yang nempel di badan dan baju kita.

6 tips menjaga kesehatan di atas tentu saja harus dibersamai dengan doa dan tawakal sama Allah ya. Itu hal utama yang nggak boleh ketinggalan.

Lewat tulisan ini saya juga ingin menyampaikan salam hormat dan bangga saya kepada teman-teman tenaga kesehatan, yang pasti akan jadi garda terdepan dan nggak akan punya pilihan untuk work from home, apapun kondisinya. Jaga kesehatan yaaa teman-teman semua :')

Semoga wabah ini segera berlalu, dan bumi kembali tentram damai seperti sedia kala. Aamiin :')
1 komentar on "Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Wabah Corona"
  1. Nomer 3 sampai 6 udah sejak lama aku lakukan, udah kebiasaan sejak hamil anak pertama. Jadi ada virus Corona sebenarnya nggak ngaruh dengan kebiasaan ku selama ini

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature