ads

Tips Ngeblog Untuk Pemula

on
Sabtu, 28 Maret 2020
Setiap share link postingan blog entah di status WA atau di FB, masih saja ada beberapa teman yang tanya, gimana caranya ngeblog? Gimana dulu awalnya saya ngeblog? Dan terakhir, gimana caranya bisa dapat uang dari ngeblog? Huehehehe.

Jenis pertanyaan terakhir itu selalu sukses bikin saya speechless.

Gimana nggak speechless sih? Mulai aja belum, udah tanya kapan dapat uang. Seriously? Emang sih, salah satu manfaat ngeblog yang saya syukuri sekali adalah menjadi salah satu pintu rejeki untuk saya. Tapi kan nggak bimsalabim langsung terima krincing-krincing gitu.

Ya mungkin ada sih Blogger yang baru mulai udah langsung panen rupiah. Tapi yakin deh, pasti mereka mulainya udah berbekal ilmu. Dan saya bukan bagian dari mereka. Beneran deh, waktu mulai ngeblog, saya tuh nggak ada kepikiran bakal menjadikan blog ini sebagai salah satu sumber penghasilan. Baru akhirnya bisa dapat penghasilan lewat blog ini kalau nggak salah setelah kurang lebih tiga tahun ngeblog. Dan itu Masyaa Allah senengnyaaa!

tips ngeblog
sumber: pixabay.com

Inget ya, tiga tahun. Jadi nggak ujug-ujug. Bisa sih lebih cepat dari itu. Banyak kok yang bisa. Tapi ya baliknya, harus tau ilmunya, dan ada usahanya.

Nah, daripada saya speechless tiap dapet pertanyaan-pertanyaan seputar tips ngeblog untuk pemula -- karna pada dasarnya saya memang bukan orang yang pandai menjelaskan sesuatu -- mending saya tulis aja deh tips ngeblog a la saya. Biar kalau ada yang tanya, tinggal kasih link tulisan ini. Hehe.

Tips Ngeblog Untuk Pemula

1. Bikin Akun Blognya

Ya iya dong. Masa mau ngeblog, tapi nggak punya blog? Xixixi

Tentang cara bikin blog, kalian bisa googling tutorialnya yaa. Buanyak kok. Kalau masih tetep ada yang dibingungkan, saya siap bantu Insya Allah. Kalau masih basci mah Insya Allah masih bisa. Kalau udah masuk advance, baru deh saya melambaikan tangan ke kamera.

2. Pilih Tema yang Sesuai Hobi/Passion

Demi kelancaran ide, pastikan kamu memilih tema blog yang sesuai dengan passion/hobi kamu. Kalau kalian suka masak, ya udah bikin aja blog tentang resep-resep masakan. Kalau kalian suka baca  buku, ya bikin aja blog buku, Dan seterusnya.

Tapi kalaupun kalian nggak pengen fokus hanya di satu tema, ya udah nggak masalah juga. Kayak saya ini contohnya. Campur aduk, hihi.

3. Nulis Aja Pokoknya

Nah, ini alasan kenapa blog saya isinya campur aduk. Karna prinsip saya, nulis aja pokoknya.

Dan kayaknya, ini wajib jadi prinsip utama blogger pemula. Nulis aja pokoknya. Nggak usah mikirin yang baca berapa orang, ada yang komentar nggak, kapan bakal dapet uang dari blog ini, Dll.

Beneran deh kalau pemula udah mikirin gituan, nggak bakal jadi nulis. Udah pusing duluan. Jangankan yang blogger pemula, yang blogger lama aja kalau mikirin segala Domain Authority, pageview, dan kawan-kawan uang puyeng duluan. Haha.

Dulu awal ngeblog tuh saya menjadikan blog seperti diary pribadi aja. Curhat nggak jelas. Dibaca sendiri, diedit sendiri, terus adakalanya akhirnya dihapus. Wkwkwkwk. Tapi saya terus aja nulis. Dulu pas rajin-rajinnya, seminggu bisa lebih dari dua kali nulis di blog ini. Sekarang mah sebulan sekali aja Alhamdulillah. Hehe.

Jadi, konsisten adalah kunci.

4. Banyak Baca

Yep, kunci biar kita bisa menulis dengan baik adalah banyak baca. Nulis apapun. Nulis status pun, kalau mau bagus ya harus banyak baca. Apa yang kita baca, akan tergambar dalam tulisan kita. Jadi kalau tiap hari bacanya status-status curhat nggak jelas, pasti kalau kita nulis status pun akan mirip-mirip seperti itu. Hehe, peace!

Dulu salah satu alasan kenapa saya tiba-tiba pengen bikin blog juga awalnya karna saya sukaaaa banget baca blog orang. Hari ini, blog-blog yang dulu sering saya baca udah pada gulung tikar satu per satu, hiks.
5. Cari Ilmunya

Nah, setelah ke-empat poin di atas susah kalian lakukan, lengkapi dengan pint ke-lima ini. Biar mantul.

Kalau udah mulai bisa konsisten nulis, sudah mulai tau seperti apa nulis yang baik, langkah selanjutnya dalah cari ilmunya. ilmu ngeblog tentu saja. Di titik ini, kalian udah boleh mulai mikir gimana caranya biar blog kalian menghasilkan uang.

Dan jangan salah. Ilmu soal ngeblog itu luaaaasss sekali. Tentang SEO lah, inilah, inulah. Jujur aja saya payah banget di point ini. Itu mungkin alasan utama kenapa udah sekian tahun, blog saya gini-gini aja. Hehe.

Nah, udah sih, lima aja tips ngeblog dari saya. Jadi gimana, masih minat mau ngeblog? Atau nggak jadi aja?

Jadi dooong. Ayooo, semangat. Saya selalu bilang ke teman yang tanya soal gimana biar rajin nulis, bahwa nulis itu menyembuhkan. Salah satu sarana self-healing terbaik. Sekalian buat sarana menghabiskan jatah dua puluh ribu kata per hari sebagai perempuan kan, hehe. Daripada habisnya dipakai ghibah, eeuuuhh.

Hayuk ngeblog. Dimulai, jangan cuma tanya-tanya tapi nggak mulai-mulai. Ups!


1 komentar on "Tips Ngeblog Untuk Pemula"

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature