ads

Belanja Online VS Belanja Offline

on
Kamis, 24 November 2016

Dulu, saya paling anti belanja online – sepertinya saya udah pernah cerita sih soal ini. Ya selain karna emang saat itu belum pernah nyoba (tapi buru-buru bilang anti), saya juga mikir, lha ngapain sih belanja online, wong toko dan mall aja tersebar di mana-mana? Bukannya tetap lebih enak belanja offline alias belanja langsung, jadi bisa memilih dan melihat barang yang akan kita beli secara nyata – gak Cuma lihat gambar?! Gitulah pokoknya pikiran saya.

Saya juga parno, gimana caranya kita bisa percaya sama penjual yang sama sekali gak kita kenal? Lha kalo setelah kita transfer uangnya terus si penjual tiba-tiba hilang tanpa kabar kan bisa banget, kan? Apalagi kalo belanja offline kan bisa nawar. Kalau belanja online emang bisa? Duh, parah ya pikiran ‘konvensional’ saya saat itu.

Tapi sekali lagi, itu dulu, saat saya bahkan belum sekalipun mencicipi gimana rasanya belanja online. Ya gimana, nyicipin aja belum pernah kok nge-judgenya udah macem-macem banget, ya. Sampai pada suatu saat, saya lama-lama pengen lah nyobain gimana rasanya belanja online. Pertama kali, saya coba beli gamis dan ke teman jaman kuliah. Hehe, belum berani belanja di toko online yang bener-bener saya blank siapa itu penjualnya. Terus gimana pertama kali belanja online? Kecewa! ukuran, bahan dan model ternyata gak seindah di gambar. Salahnya saya sih gak baca teliti keterangan gambar tentang ukuran dan jenis bahannya. Namanya juga pengalaman pertama. Hehe.

Sampai pada akhirnya saya dijodohkan oleh Allah dengan seorang lelaki yang hobi sekali belanja online. Hihi, iya, suami saya kalau kerjaan lagi santai hobinya mantengin toko onlie =D beli HP, power bank, headset, dll hampir selalu online. Dari beliau, saya akhirnya tau ternyata belanja online dan belanja offline  itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi gak bisa dibanding-bandingkan.

Ini nih kelebihan dan kekurangan belanja online dan belanja offline menurut saya:

Kelebihan belanja online

Hemat waktu, hemat tenaga. Ini kayaknya mutlak jadi point teratas kelebihan belanja online, ya. Bagi para pekerja full-time, belanja online itu menolong banget. Setelah pagi sampai sore ada di kantor, masa iya sih malamnya masih mau keluyuran belanja di mall atau toko? Hadehhh, selonjoran di kasur kayaknya lebih enak. Weekend? Sudah ditunggu tuh sama setrikaan! Hihi. Jadi kalau mau belanja cukup buka gadget atau laptop, searching, pilah-pilih, klik beli, transfer, beres.

Selain hemat waktu dan tenaga, belanja online juga sepertinya menawarkan jauh lebih banyak promo. Contohnya, promo harbolnas mapemall yang telah berlalu dan sukses memanjakan nafsu belanja online kita. Hayoo siapa yang lepas kontrol? Haha. Satu lagi, belanja online itu memberikan keleluasaan dalam meilih yang jauh lebih luas karna gak perlu risih udah tanya macam-macam lalu ujung-ujungnya gak jadi beli. Masih banyak sih kelebihannya, tapi nanti kepanjangan.

Kekurangan belanja online

Gak bisa meraba langsung barang yang akan kita beli. Bagian ini cukup menguji hati bagi orang-orang yang saat hendak beli galaunya gak selesai-selesai – seperti saya. Hehe. Selain itu, kita juga harus benar-benar memastikan dan memilih toko online yang terpercaya, biar gak kena tipu.

Kelebihan belanja offline

Bisa meraba dan melihat langsung serta nyata barang yang hendak kita beli. Terus begitu memutuskan beli, kita bayar dan langsung bisa bawa barangnya pulang. Kalau belanja online kan harus nunggu beberapa hari pengiriman sampai barang yang kita beli datang.

Kekurangan belanja offline

Butuh meluangkan waktu dan tenaga banget. Dan itu gak gampang buat yang aktivitasnya segambreng. Terus, kadang kita suka gak puas milihnya soalnya baru tanya-tanya bentar, atau meneliti barang yang mau kita beli beberapa saat, si penjual sudah pasang wajah kurang enak seolah mau bilang, “kalo mau beli cepetan, gak usah pake lama!”. Huhu, nyebelin -_- belanja offline juga promonya saat ada event-event tertentu saja seringnya – seperti saat lebaran, misalnya.

Intinya sih belanja online VS offline sebenarnya bukan untuk dibanding-bandingkan. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing pribadi aja. Iya, kan?

Kalau kalian gimana, lebih suka belanja online atau offline?
2 komentar on "Belanja Online VS Belanja Offline"
  1. Enaknya belanja online, bisa milih baranya langsung, tapi kadang jadi lebih boros. Nah kl online, seringnya ngga puas pas barang udah sampai, tapi masing2 punya plus minusnya sendiri2 sih

    BalasHapus
  2. Kadang kombinasinya juga menguntungkan lho mbaaa....
    Contohnya parfum, beli parfum online kan riskan ya kalau kita baru pertama beli dan belum tau baunya kita suka atau tidak. Jadi kadang datang ke toko offline untuk dapat tester dan belinya di toko online buat diskonnya, hihihihi. *emak2 ngirit tapi ga mau rugi

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature