#Ramadhan: Resep Soto Ayam Khas Ibuk

on
Kamis, 09 Mei 2019


Kemarin pagi mas suami manyun. gara-gara saya bilang, pengen pulang (ke kampung halaman). Pasalnya, dia tuh paling gak tega kalo saya mellow gara-gara kangen rumah. Tapi di lain sisi, kami sudah sepakat untuk pulang di penghujung Ramadhan, untuk sekalian lebaran di sana.

Ya saya juga gak berniat mau maksa untuk pulang sih. Saya cuma curhat aja, gara-gara tiba-tiba mellow pengen buka puasa pake masakan khas ibuk 😭

Ibuk saya tuh kalo masak suka nyeleneh. Dalam artian, sering gak sesuai pakem yang dipegang oleh orang pada umumnya. Hehe.

Jadi awal-awal saya keluar dari rumah, saya sering bingung. Misal masakan lodeh. Selama saya tinggal sama ibuk, lodeh yang saya tau ya lodeh kayak yang biasa dimasak ibuk. Saya kira, lodeh pada umumnya tu beda. Pas awal-awal saya di Semarang, saya tanya ke ibu-ibu warung, itu sayur apa. Dijawab, lodeh. Dalam hati saya keheranan, kok lodeh kayak gitu? Kok beda banget sama lodehnya ibuk?

Ternyata ibuk yang gak sesuai pakem 😂

Tapi justru itu yang bikin masakan ibuk berkesan banget dan tiada duanya. Gak akan sama dengan masakan orang lain, apalagi masakan warung, soalnya ibu punya rules pribadi. Haha. Jadi semacam signature gitu ya 😅

Selain lodeh, soto ayam khas ibuk pun beda pake banget dengan soto ayam pada umumnya. Huhu, saya suka banget banget banget soto ayam khas ibuk. Tuh kan, pengen mewek lagi, pengen pulang 😭



A post shared by rosasusan.com | sanirosa.com (@rosalinasusanti) on


Jangan tanya soto ayam khas ibuk tu versi soto kudus atau soto semarang, karna kayaknya gak sama dengan dua-duanya, hehe. Tapi cenderung lebih mirip ke soto kudus sih.

Pernah ada orang yang komentar waktu lihat soto ayam khas ibuk. "Soto kok pake wortel sih? kayak sop aja!"

Saya bingung. Lho, emang soto gak boleh pake wortel? Setelah mengamati soto-soto lain yang dijual di warung-warung, saya baru ngeh. Iya juga ya. Soto lain gak ada yang pake wortel 😂

Kalo udah kangen banget sama masakan ibuk, tapi belum bisa pulang, saya biasanya minta resepnya, terus nyoba bikin sendiri. Meski pasti gak bisa sama, mayan lah agak mengobati rindu.

Seperti tadi sore. Saya ngirim chatt di grup keluarga, minta dikirimi resep soto ayam khas ibuk. Eh malah diprovokasi suruh pulang sama kakak-kakak. Huhu. Tapi akhirnya dikasih sih.


Nih yaa saya share resepnya, siapa tau ada yang penasaran 😀

RESEP SOTO AYAM (Khas ibuk saya, hihi)

Bahan utama:
Ayam suwir
Kecambah
Wortel
Daun bawang
Seledri

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Ketumbar
Mrica
Kemiri
Jinten
Jahe
Garam
Gula

Bumbu tambahan:
Salam
Laos
Serai
Daun jeruk
Bawang goreng untuk taburan
Kecap manis
Sambal

Cara membuat:
Bahan utama cukup di potong-potong dan disiapkan saja. Taruh di piring yang berbeda tiap bahannya. Ohya, kecambahnya direndam pake air panas, lalu tiriskan.

Bumbu halus diuleg, lalu ditumis sebentar sampai harum. Setelah harum, masukkan ke air mendidih. Masukkan wortel yang sudah dipotong-potong ke dalam kuah. Lalu masukkan juga bumbu tambahan berupa salam, laos, serai dan daun jeruk. Tes rasa, jadi deh!

Cara penyajian:
Tata di piring: kecambah, daun bawang, seledri, ayam suwir. Lalu siram dengan kuah sotonya. Tambahkan kecap dan sambal sesuai selera.

Duh ya Allah, nulis resepnya aja saya jadi mellow 😭

Ohiya, maaf yaaa gak pake takaran atau jumlah. Ibuk mah suka gitu kalo ditanya soal takaran. Dikira-kira aja se-pas-nya kata beliau, huhu.

Kalian segininya juga gak sih sama masakan ibu? Menu apa yang paling berkesan buat kalian?
1 komentar on "#Ramadhan: Resep Soto Ayam Khas Ibuk"
  1. Untung ngga ada fotonya mba, jd ngga kegoda pas puasa2 gini wkwkwk

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature