ads

#Ramadhan: Yang Harus diperhatikan Saat Banyak Promo Belanja Online

on
Sabtu, 11 Mei 2019
Ramadhan kalo di Indonesia bukan cuma saatnya beribadah pol-polan, tapi juga saatnya belanja pol-polan. Iya apa iya, gengs?



Di bulan ramadhan, perasaan semua-mua jadi terlihat menarik. Apalagi kalo lagi buka marketplace. Wuiihh, Beneran kalap kalo pengendalian diri gak bagus. Belanja online pasti bakal meningkat drastis dari bulan-bulan selain ramadhan. Terbukti dengan jasa ekspedisi yang pasti overload setiap ramadhan. Huhu.

Tentu saja kecenderungan yang seperti ini tidak dilewatkan begitu saja oleh para pebisnis, terutama pebisnis online. Mereka akan melakukan berbagai strategi marketing untuk menggenjot penjualan di bulan penuh berkah ini. Salah satunya dengan cara memberikan berbagai promo belanja online.

Tapi sebagai konsumen, kita kudu tetep cerdas dong. Jangan sampai nafsu belanja kita mendominasi dan membutakan segalanya. *halah

Jadi tetep ada yang harus diperhatikan saat banyak promo belanja online seperti di bulan ramadhan ini. Agar keinginan belanja terpenuhi, tapi tetap gak lepas kendali.

Apa aja sih yang harus diperhatikan saat ada banyak promo belanja online? Cekidoott!

1. Skala Prioritas

Yep. Skala Prioritas adalah segalanya. Skala prioritas adalah salah satu alat pengendalian diri yang paling efektif. Terutama saat banyak godaan promo belanja online seperti sekarang ini.

Saat ada barang yang sedang promo, coba lihat dulu barang tersebut ada di posisi nomor berapa dari skala prioritas kita. Kalo ternyata ada di urutan terbawah, atau bahkan sama sekali gak ada di daftar skala prioritas kita, yaudah gak usah dibeli meski sedang promo dan jatuhnya murah sekali.

Kita kan harusnya membeli apa yang kita butuhkan. Bukan membeli apa yang sedang murah. Murah tapi kalo gak ada manfaatnya bagi kita, ujung-ujungnya pasti cuma akan jadi sampah kan?

2. Cek Harga

Kalo lihat promo tuh kita perempuan kadang suka impulsif. Wuih promo, apalagi ada embel-embel flash sale, udah deh langsung main klik beli aja. Eh begitu transfer, ternyata harganya sama aja dengan harga normal di toko sebelah. Wkwkwkwk.

Makanya, please sempetin cek harga. Jangan impulsif. Cek harga normalnya berapa. Cek harga di toko sebelah berapa. Soalnya gak jarang lho embel-embelnya promo, tapi jatuhnya sama aja, atau kadang malah lebih mahal.

Ini sih rahasia umum ya. Seringkali sebelum promo, harga di mark up dulu. Ya wajar sih. Namanya jualan mah tetep pengennya untung.

3. Ongkir

Ini sih mau lagi banyak promo atau gak ada promo, yang namanya belanja online sih harus memperhatikan ongkir ya.

Kan sering tuh nemu barang jauh lebih murah, tapi begitu ditambah ongkir, jatuhnya lebih mahal. Dih ya ngapain dibeli. Ya mending gak promo, tapi ongkirnya murah dong. Lebih cepet nyampe.

Udah sih. Tiga itu aja yang harus diperhatikan kalo versi saya. Teman-teman ada yang mau nambahi? Tulis di kolom komentar yaa. Siapa tau ada hal yang selama ini luput saya perhatikan. Hehe.

2 komentar on "#Ramadhan: Yang Harus diperhatikan Saat Banyak Promo Belanja Online"
  1. Yap benar banget mbak, saya juga hobi tuh ngecekin promo dan bandingin harga. Namanya buibuk harus cari yang berkualitas namun juga terjangkau :D

    BalasHapus
  2. ramadhan malah lebih banyak jajan, dasar aku :(

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature