ads

#Ramadhan: Cara Membuat Cilok dan Pengalaman Pertama Membuatnya

on
Jumat, 10 Mei 2019
Saya dan teman-teman di kantor sering berseloronh, jajan itu makin gak sehat kok makin enak ya 😂

Hayoloh bilang enggak? Lha itu jajan penuh mecin, apa sehat? Tapi enak kan? 😅

Gak terkecuali cilok. Snack penuh gluten, hihi. Huhu, saya dan mas suami penggemar berat cilok. Kalo pulang kerja, sering beli cilok dulu, dan dimakan sebelum jemput Faza. Biar Faza taunya sayur sama buah aja. Ahahah.

Ramadhan gini, kok ya tiba-tiba pengen makan cilok. Tapi penjual cilok kesukaan gak ada 😓



Yaudahlah bikin sendiri. Cilok homemade. Nah, apakah yang homemade pasti sehat? Ya enggak juga. Tergantung apa yang dibikin. Hehe.

Ini pengalaman pertama bikin cilok. Jadi bener-bener blank. Untung ada cookpad kan. Langsung deh baca-baca gimana cara bikin cilok. Dan, mayan bingung. Ada yang perbandingan 2:1 untuk terigu:tapioka. ada juga yang sebaliknya, tapioka:terigu.

Setelah menimbang-nimbang, saya pilih opsi untuk nyoba yang 2:1 untuk terigu:tapioka. Dengan pertimbangan, biar gak alot-alot banget lah.

Tapiii, saya tuh sering dodol soal bikin adonan gini. Dan, kejadian lagi. Kebanyakan air pemirsaaaa! Alias keenceran 😭 Gak bisa dibulet-buletin. Yaudah akhirnya saya tambah tepung terigu dan tepung tapiokanya cemplang-cemplung. Jadi entah akhirnya perbandingannya tetap 2:1 atau enggak. Haha.

Hasilnya? Ya gak seenak cilok yang beli di abang-abang biasanya sih. Tapi tetap bisa dinikmati kok. Hihi. Habis sama mas suami. Dia mah gak pernah rela hasil jerih payah istrinya terbengkalai 😅

Tapi gara-gara setengah gagal gini, Saya bertekad untuk membuat lagi besok-besok. Insya Allah.

Ada yang penasaran cara membuat cilok? Gampang sih sebenernya.

Cara Membuat Cilok

ini nih hasil karya saya, haha
Terigu, dikasih air panas biar matang, dibiarkan beberapa saat, terus ditambah tepung tapioka, ulekan bawang putih, garam, mrica dan penyedap rasa (mecin, hihi). Kasih irisan daun bawang, terus dibulet-buletin deh kayak bakso.

Setelah itu cemplungin satu per satu ke air mendidih. Kalo udah mengambang, angkat.

Ohya, untuk sausnya, saya bikin saus kacang pake skippy semalam.

Caranya: Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah. Tumis sebentar, masukkan skippy dan air. Tambahkan garam, gula, kecap secukupnya. Jadi deh!

Itu cara bikinnya yaaa. Saya gak berani kasih takarannya, soalnya lha wong saya aja masih failed 😭

Kalo ada temen-temen yang udah pernah berhasil bikin cilok yang enak, saya mau bangettt dong dibisikin resepnya. Cari di cookpad bingung sendiri malah, mana yang paling enak. Huhu.
2 komentar on "#Ramadhan: Cara Membuat Cilok dan Pengalaman Pertama Membuatnya"
  1. Terus coba bikin mbak, biasanya semakin sering bikin, semakin enak dan tambah kreatif nambah nambahin bahan lain :D

    BalasHapus
  2. Saya dulu pernah juga bikin cilok. Tapi entah apa yang salah pas goreng meledak-meledak gitu. Alhasil kecipratan minyak dan kapok bikinnay -_-"/

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature