#Ramadhan: Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh Nggak sih?

on
Selasa, 14 Mei 2019
Sikat gigi saat puasa, boleh gak sih?


Siapa yang masih penasaran dan sering bertanya-tanya soal itu?

Banyak yang masih bingung ya soal ini. Mau sikat gigi kok takut puasanya batal. Tapi kalo gak sikat gigi kok ya takut keluar naganya. Hehehe.

Saya juga sebelumnya termasuk yang penasaran soal ini. Tapi Alhamdulillah setelah belajar, sekarang saya ssudah menemukan sebuah pencerahan yang menentramkan. Cieee.

Iya, lho. Kalo penasaran sama sesuatu, terus udah nemu jawabannya kan bikin tentram dong? Gak peduli seremeh apapun hal itu. Apalagi ini perkara ibadah ya.

 Nah, siapa tau ada yang masih bertanya-tanya, saya ingin sharing tentang ini yaaa.

Berdasarkan hasil belajar saya, sikat gigi saat puasa itu boleh kok. Gak membatalkan puasa.

Atas dasar apa?

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,
"Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak solat" (HR. Bukhari)

Nah, bersiwak ini kan di masa sekarang bisa disamakan dengan sikat gigi ya. Meskipun alatnya beda. Kalo Rasulullah saja hendak memerintahkan kita untuk bersiwak setiap waktu sholat, berarti sikat gigipun gitu. Gak ada kata kecuali di bulan Ramadhan.

Ada beberapa ulama yang menyebut jika makruh menggunakan siwak basah. Namun, ada beberapa ulama yang menyangkal, karna bahkan air bening pun ada rasanya kan? Tapi kita masih boleh kumur-kumur.

Jadi, asal kita bisa memastikan bahwa tidak ada sedikitpun cairan atau pasta gigi yang masuk ke dalam tubuh kita melalui mulut, Insya Allah sikat gigi saat puasa itu boleh. Jangan sampai ada yang tertelan, apalagi kalo sikat giginya yang tertelan, ya pasti batal dong 😂

Tapi, alangkah baiknya kita berhati-hati demi menjaga puasa kita. Jadi sebisa mungkin sih sikat giginya sebelum subuh, dan setelah berbuka puasa atau sebelum tidur. Biar aman.

Nahh, kalo di hari-hari biasa sikat giginya dua kali sehari doang, terus pas ramadhan tiba-tiba sikat giginya jadi lima kali sehari sih jelas deh, modus itu mah 😂

Wallahu a'lam bisshawwab. Mohon mencari rujukan referensi yang jauh lebih terpercaya background keilmuannya yaa. Jangan hanya puas setelah baca tulisan ini.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature