Berwisata Saat Pandemi, Sebaiknya Perhatikan Beberapa Hal di Bawah Ini

on
Jumat, 11 September 2020

Saat anjuran untuk work from home dan di rumah aja mengemuka bersamaan dengan resminya Indonesia terjangkit virus covid-19 seperti berbagai negara lain, saya adalah salah satu orang yang sama sekali merasa nggak masalah dengan anjuran tersebut. Bahkan cenderung menyambut dengan sukacita -- di luar perasaan takut dan waswas melihat perkembangan kasus covid-19 tentu saja.

 

Tapi ternyata nggak semua orang seperti saya. Sebagian orang -- sepertinya yang punya karakter ekstrovert -- cenderung cukup resah menghadapi anjuran di rumah aja. Bagi mereka, beraktivitas di luar rumah dan bisa bertemu banyak orang adalah kebutuhan. Apalagi yang selama ini memang sering traveling, hang out, kumpul-kumpul, pasti nggak mudah menghadapi era kebiasaan baru seperti ini.

 

Saya kira, saya akan selamanya enjoy dengan kebiasaan untuk nggak ke mana-mana selain kerja. Toh selama ini saya memang jarang sekali berwisata atau semacamnya. Tapi ternyata saya salah. Ada masa di mana saya merasa jenuh dan ingin melihat 'dunia luar'. Dan sepertinya apa yang saya rasakan itu, juga dirasakan oleh banyak orang.

 

Sayangnya, banyak yang ketika merasakan itu, langsung memperturutkan hawa nafsunya untuk jalan-jalan atau berwisata, dan mengabaikan protokol kesehatan yang seharusnya tetap diperhatikan. Contohnya saat salah satu mall besar baru di Semarang yang digadang-gadang bisa menjadi salah satu destinasi wisata Semarang mulai beroperasi meskipun belum total, banyak orang yang langsung berbondong-bondong datang ke sana. Tidak peduli meskipun harus berdesakan -- yang merupakan salah satu larangan di era pandemi ini. Mungkin mereka adalah orang-orang yang sudah jenuh dengan anjuran di rumah aja.

 

Apakah salah?

 

Jenuhnya sih nggak salah ya. Itu manusiawi. Tapi mengabaikan protokol kesehatannya, jelas salah banget. Kalau sakit terus sakitnya dibawa sendiri sih ya, silakan. Resiko ditanggung penumpang. Masalahnya, virus covid-19 adalah virus yang mudah sekali menular. Belum lagi tenaga kesehatan dan Rumah Sakit yang sudah mulai kewalahan.

 

 

Nah, kalau memang sudah sangat jenuh dan ingin sekali berwisata padahal masih pandemi, sebaiknya tetap perhatikan hal-hal di bawa ini:

 

1. Tetap patuhi protokol kesehatan

 

Jelas ini yang utama. Pakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, dan lain-lain. 


2. Pilih destinasi yang tidak terlaluh jauh dari rumah dan memungkinkan untuk jaga jarak

 

Sekarang destinasi wisata sudah banyak sekali dan ada di mana-mana. Biasanya, destinasi wisata yang ada di alam terbuka, lebih memungkinkan kita untuk bisa tetap jaga jarak. Untuk yang tinggal di Semarang, destinasi wisata keluarga di Cimory, atau Ayanaz di Gedong Songo.


3. Minimalkan bertransaksi dengan orang lain

 

Sebaiknya, nggak perlu beli oleh-oleh macam-macam dulu ketika berwisata saat pandemi, demi meminimalkan bertransaksi dengan banyak orang.


4. Bawa Bekal Makan dan Minum dari Rumah

 

Ini juga salah satu bentuk usaha agar tidak banyak bertransaksi dengan orang lain. Sebisa mungkin kita sudah membawa bekal dari rumah, minimal air mineral dan snack. Terutama jika kita mengajak anak kecil saat berwisata. Kalaupun harus makan di tempat makan yang ada di area wisata, kembali perhatikan protokol kesehatan. Pilih tempat makan yang tetap memungkinkan kita untuk menjaga jarak.

 

5. Segera membersihkan diri sepulang dari berwisata.

 

Ini termasuk salah satu bagian dari protokol kesehatan ya sebenarnya. Saat pulang dari beraktivitas di luar rumah, termasuk berwisata, segeralah membersihkan diri dengan mandi dan berganti baju. Baju yang sebelumnya dipakai, sebaiknya segera dicuci.

 

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, semoga kita bisa mendapatkan win-win solution. Jenuh teratasi, namun tetap menjaga diri dari paparan virus covid-19. Yah, meskipun tetap saja, sebenarnya yang terbaik adalah dengan tetap menahan diri untuk tidak banyak bepergian dulu saat ini, kecuali benar-benar mendesak.

 

Stay safe and stay healthy yaaa, teman-teman :)

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature