}); Puri Maerakaca: Berwisata Sekaligus Mengenal Budaya Jawa Tengah | Rosa Bercerita

Puri Maerakaca: Berwisata Sekaligus Mengenal Budaya Jawa Tengah

on
Kamis, 09 Mei 2019
Taman Puri Maerakaca merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kota Semarang, tapatnya terletak di Semarang Barat, kurang lebih 5 Km dari Monumen Tugu Muda Semarang.


Puri Maerakaca merupakan salah satu bagian tempat wisata yang ada di kawasan PRPP Jawa Tengah. Sejak saya kecil, Puri Maerakaca ini sudah eksis lho. Di angkatan saya, destinasi ini merupakan salah satu destinasi wisata wajib untuk siswa TK yang sedang pergi berwisata. Tiket masuknya murah meriah. Hanya Rp 10.000,- per kepala.

Puri Maerakaca ini sering juga kami sebut sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah. Karna isi di dalamnya memang mirip-mirip sama Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. Bedanya, kalau TMII menampilkan miniatur kebudayaan dari seluruh wilayah Tanah Air Indonesia. Sedangkan Puri Maerakaca menampilkan miniatur kebudayaan dari berbagai daerah yang ada di wilayah jawa Tengah.



Jadi begitu masuk, kita akan disuguhi berbagai anjungan rumah adat dari masing-masing kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Letaknya pun berurutan seperti letak geografis kotanya. alam setiap anjungan, tidak hanya menampilkan rumah khas dari masing-masing daerah, tapi juga menyuguhkan ikon-ikon tertentu dari daerah yang bersangkutan.

Foto di depan anjungan tanah tumpah darah. Haha.

Misalnya, untuk anjungan Kabupaten Jepara, ditampilkan sebuah rumah joglo khas Jepara. Di halamannya terdapat semacam gazebo yang terbuat dari kayu berukir, dan patung yang terbuat dari akar pohon yang telah diukir. Hal ini menggambarkan Kabupaten Jepara yang terkenal dengan kota ukir. Lalu di anjungan kota Rembang, kita akan menemui sosok patung Ibu Kartini, salah satu Pahlawan Wanita yang kita ketahui wafat di kota Rembang.

Jadi Puri Maerakaca ini memang cocok sekali jika dijadikan destinasi wisatanya anak-anak sekolah. Agar selain berwisata, mereka juga bisa sekaligus belajar tentang kebudayaan dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Puri Maerakaca ini bisa dibilang baru saja kembali bangkit dalam beberapa dua tahunan terakhir ini. Sebelumnya, tempat wisata ini sempat sepi pengunjung saat masih hanya menawarkan wisata budaya.

Kini, Puri Maerakaca punya daya tarik baru, yaitu wisata trekking mangrove.

Gak cuma muda-mudi yang berburu foto instagramable. Yang udah gak terlalu muda juga masih pengen 😂

Ada banyak hal menarik baru yang ditawarkan dengan adanya wisata trekking mangrove ini. Kalau yang muda-mudi, biasanya akan berburu foto-foto instagramable, hutan mangrove di kawasan Puri Maerakaca ini memang cukup instagramable untuk dijadikan tempat foto.

Jika datang bersama keluarga, kita juga bisa seru-seruan naik becak air. Tiketnya hanya sekitar Rp 10.000,- juga per orang, dengan durasi naik kurang lebih 15 menit.

Waktu di becak air gak bisa poto 😑

Kalian yang dari luar kota, jika tertarik berkunjung ke Puri Maerakaca, gak perlu ragu dan bingung memikirkan mau nginap di mana. Hotel di Semarang buanyaaakkk sekali pilihannya. Mau hotel murah di Semarang? Banyaakk. Mau yang mahal? Gak kalah banyak. Hehe.

Hotel Pegipegi menawarkan banyak pilihan untuk kalian yang butuh Penginapan murah di Semarang. Kalau mau hotel yang letaknya dekat dari Puri Maerakaca, ada Hotel Fovere Puri Semarang, Airy Bandara Ahmad Yani Semarang, The Azana Hotel Airport Semarang, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Atau jika kalian ingin menginap di hotel yang dekat dengan destinasi wisata lain di Semarang, bisa juga memilih untuk menginap di The Wujil Resort & Conventions yang terletak di Kabupaten Semarang. Jadi, bisa sekalian berwisata alam di daerah Semarang atas yang udaranya sejuk. Seperti Bandungan, Candi Gedung Songo, Ayanaz, dll. Jadi, sekali menyelam, bisa dua-tiga pulai terlampaui. Hehe.

Jadi, jangan ragu untuk berwisata ke Semarang, yaaa 😊
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature