}); #Ramadhan: Cerita Perjalanan Menghilangkan Jerawat dan Tipsnya | Rosa Bercerita

#Ramadhan: Cerita Perjalanan Menghilangkan Jerawat dan Tipsnya

on
Senin, 13 Mei 2019
Yang sudah kenal saya dan baca blog ini lama (semoga ada semoga ada semoga ada 😂) pasti tau saya pernah gelisah galau dan merana gara-gara jerawat. Bahkan salah satu trigger di blog ini banyak bahas skincare juga karna saya pernah punya jerawat parah.



Padahal dulu jaman kuliah, saya hampir gak pernah berjerawat. Padahal dulu pake facial foam pun enggak lho. Air doang, udah. Mungkin karna masih muda dan metabolisme masih bagus ya.

Mulai muncul satu-dua jerawat sejak saya kerja dan tinggal di Semarang (lagi) setelah dua tahun tinggal di Jepara. Mungkin karna Semarang polusinya makin meningkat ya. Tapi yang paling parah adalah ketika saya hamil Faza, dan pasca melahirkan Faza. Bener-bener parah pakai bangeettt. Huhu.

Perjalanan untuk menghilangkan jerawat adalah perjalanan yang terjal dan berliku bagi saya. Halah. Hihi.

Iya. Soalnya bandel bangettt jerawatnya. Berbagai produk saya coba, gak mempan. Produk pertama yang akhirnya bisa menolong saya dari keterpurukan gara-gara jerawat adalah sabun NuAmoorea.


Tapi terus saya berhenti pakai sabun itu karna beberapa alasan, dan kembali pakai skincare drugstore. Dan... jerawatnya balik dong! 😭


Saya kemudian memutuskan mencari ilmu tentang perawatan kulit wajah dan skincare. Lalu ketemulah dengan channel-nya Female Daily yang bertajuk #Skincare101 yang saat itu masih dibawakan oleh Affi Assegaf.

Dari situ saya belajar banyak banget. Bahwa ternyata, perkara menghilangkan jerawat itu gak bisa lho sekedar dengan ditemplokin macem-macem produk. Ada pakemnya.

Nah, berikut ini saya ingin membagi beberapa tips untuk menghilangkan jerawat yang saya dapatkan dari perjalanan panjang dan berliku. Hihi. Simak yuuk.

1. Jaga Makanan

Yep. Makanan itu salah satu faktor penting yang menentukan kesehatan kulit kita. Terutama jerawat hormon seperti yang saya alami pasca melahirkan. Jerawat saya merajalela, karna selain hormon yang sedang kacau, juga didorong pola makan saya yang amburadul.

FYI, masa-masa pasca melahirkan saya hampir tiap hari minum coklat panas 2-3 kali sehari. Bayangkan -___-

Jadi kalo pengen kulit sehat tanpa jerawat, perhatikan makanan kita. Banyakin buah, sayur dan air putih adalah koentji.

2. Disiplin Cleansing

Kalo saya pikir-pikir, dulu tu saya dzalim banget sama wajah sendiri. Tiap hari terpapar polusi, debu, dll, tapi gak pernah bersihin muka. Kebangetan ya.

Mau produk apapun ditemplokin, kalo wajahnya gak dalam kondisi bersih, ya percuma. Karna jerawat itu salah satunya yang bikin tumbuh subur ya karna kotoran yang gak dibersihkan dengan sempurna.

Bahkan cleansing itu ternyata gak cukup cuma pake facial foam. Harus double cleansing. Saya baru sekitar 5 bulan ke belakang ini menerapkan double cleansing. Apa itu double clensing? Kapan-kapan saya bahas di postingan berbeda yah.

3. Jaga Kelembaban Kulit Wajah

Lembab, ya. Bukan berminyak.

Karna dulu tu saya sering ngira berminyak sama dengan lembab. Dan lembab artinya akan mudah berjerawat. Wkwkwkwk, ternyata salah kaprah.

Justru salah satu kunci kulit sehat adalah kulit yang terjaga kelembabannya. Karna konon kalo kelemabab terjaga, jerawat gak akan gampang muncul.

Soal gimana caranya menjaga kelembaban, silakan googling. Hihi. Kalo saya sih dengan pake toner yang punya fungsi melembabkan, karna kulit wajah saya termasuk kombinasi kering-berminyak.

4. Rutin Mengangkat Sel kulit Mati

Ini bisa dengan cara scrubing atau pake exfoliating toner ya. Tergantung yang mana yang cocok dan nyaman buat diri sendiri. Kalo saya lebih suka pake exfoliating toner sih.

5. Jangan Sering Pegang Muka Pake Tangan

Ini penyakit saya banget huhu. Jahil banget tangannya. Padahal tangan kan lebih serng kotornya dibanding sterilnya kan -___-

Pokoknya kalo penyakit jahil saya lagi kumat, pasti jerawat bermunculan. Diikat aja apa yaa tangannya. Wkwkwk.

Udah, 5 itu aja tipsnya. Hehe. Pokoknya buat kalian yang sedang berjuang untuk menghilangkan jerawat, jangan menyerah yaaaa.

Jangan berputus asa dari rahmat Allah, hehe.

Luv luv, peluuuuk.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature